Selasa, 22 Agustus 2017

Cara Tepat Untuk Mengatasi Depresi Kamu

Penyanyi Linkin Park Chester Bennington meninggal karena bunuh diri pada Kamis malam (20/7). Tindakan mengakhiri hidup melalui jalan pintas konon dikaitkan dengan penggunaan alkohol yang telah lama dibuat.

Menurut www.artikelkesehatantubuh.com psikolog Andri, dari RS OMNI Alam Sutera Tangerang, apa yang Bennington lakukan sering terjadi. Alkohol menjadi pelarian saat seseorang ingin melepaskan diri dari kecemasan dan depresi yang dialaminya. Namun, alkohol hanya memberi manfaat sesaat, tapi efeknya negatif di masa depan.

Jadi bagaimana? Apa yang Anda lakukan saat ingin melarikan diri saat mengalami depresi?

"Sejumlah studi dan penelitian mengungkapkan bahwa salah satu cara terbaik untuk mengatasi depresi adalah olahraga," kata Andri saat dihubungi di Jakarta, Jumat (21/7).

Namun, masalahnya adalah seseorang yang mengalami depresi biasanya malas untuk bergerak atau melakukan sesuatu. Ada keengganan dan kehilangan keinginan untuk melakukan apapun. Karena itu, katanya, depresi perlu dikenali dan saat sedang dirawat, agar tidak memperburuk kondisi.

"Seseorang yang depresi, cemas atau berlebihan untuk melakukan terapi, dan menghindari kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan alkohol sebagai pelarian," katanya.

Selain itu, Andri mengatakan, tidak semua orang lari ke alkohol saat mereka depresi. Namun, kebanyakan orang lebih suka menyimpannya, atau mereka tidak sadar mereka depresi, dan malu mencari pertolongan.

Padahal, katanya, pada perayaan Hari Kesehatan Sedunia yang jatuh pada 7 April, isu besar yang berlangsung adalah pembicaraan Depresi. Ini menunjukkan betapa parahnya masalah depresi, dan titik bicara depresi menunjukkan bagaimana setiap orang menerima bantuan, bukan dengan menghadapi sendiri.

"Karena jika, misalnya, bantuan tidak didapat, itu akan menjadi masalah di masa depan," tambahnya.

Andri mengatakan, seringkali depresi juga dianggap sepele. Orang-orang menanggapi dengan santai, seperti kalimat "Ah, kau manja, tidak tahu berterima kasih, percaya tidak percaya atau tidak bunuh diri."

"Ketika seseorang mengatakan bahwa mereka ingin mengakhiri hidup mereka sangat penting, dan mereka membutuhkan pertolongan," katanya.

Orang yang depresi tidak memiliki keinginan untuk melakukan apapun, jadi dia merasa bahwa dunia tidak lagi menariknya. Sifat putus asa ini berpuncak pada keputusan untuk mengakhiri kehidupan. Oleh karena itu, berpikir positif akan membantu mereka yang tertekan untuk melihat kehidupan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar